5 Trik jitu atasi kecanduan Facebook

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 06.58.00
Banyak pengguna internet yang keranjingan di jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, MySpace atau Instagram untuk berinteraksi dengan orang lain setiap hari. Tapi bagi sebagian orang, situs tersebut telah menjadi candu sampai melupakan segalanya. Bahkan tak sedikit pula yang menganggap dunia maya lebih mengasyikkan daripada dunia nyata. Jika dibiarkan, maka akan memiliki dampak yang buruk pada hubungan sosial Anda di dunia nyata. Berikut enam trik mengatasi kecanduan jejaring social seperti dilansir magforwoman (18/3).

1. Mengejar olahraga atau hobi
Salah satu hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk menyembuhkan kecanduan media sosial adalah untuk menjauh diri dari komputer atau smartphone. Anda bisa melakukan hal lain seperti olahraga, bermain gitar, memasak, melukis dan sebagainya. Hal ini akan mengurangi penggunaan komputer Anda dan membantu menyembuhkan kecanduan sosial media Anda.



2. Memangkas profil sosial media Anda
Anda mungkin menghabiskan banyak waktu di media sosial bukan karena banyak informasi dari teman, situs atau grup langganan Anda. Sebaiknya kurangi jumlah grup, situs yang menurut Anda tidak penting. Selain itu jangan tambahkan atau terima teman yang tidak Anda kenal. Ini bertujuan agar Anda tidak terlalu lama memperhatikan informasi tersebut. Anda akan melihat yang penting-penting saja dan mengurangi waktu Anda untuk berselancar di dunia maya.

3. Hapus aplikasi dari smartphone Anda
Semakin banyak aplikasi jejaring sosial di smartphone Anda, maka semakin besar peluang Anda untuk kecanduan. Padahal Anda hanya akan berinteraksi dengan teman yang kebetulan online juga. Jadi kurangi penggunaan media sosial Anda dengan menghapus beberapa atau seluruh aplikasi dari smartphone Anda. Dengan cara ini Anda akan dapat log on ke situs media sosial tertentu saat online di komputer atau laptop.

4. Mengatur waktu
Batasi penggunaan jejaring sosial. Anda bisa membatasi dengan online dua sampai tiga jam sehari. Cara ini membuat Anda tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk jejaring sosial.

5. Bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan teman
Apakah ada hal yang lebih baik selain bertemu dan mengobrol secara langsung? Di jejaring sosial, Anda hanya akan dapat mengirim pesan, emoticon, gambar. Anda tidak bisa mengungkapkan perasaan secara langsung pada teman. Bertemu dan berinteraksi secara langsung adalah jalan terbaik, ketimbang hanya akrab di media sosial.

Menguasai teknologi memang mutlak diperlukan untuk zaman sekarang. Namun jangan sampai berlebihan sampai melupakan hubungan sosial yang sesungguhnya.
Sumber

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".