Mobile Working Bisa Bikin Hemat Perusahaan

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 06.45.00
Bekerja secara mobile atau biasa kita kenal dengan istilah mobile working memang punya beberapa keuntungan. Bahkan cara ini terbukti bisa menghemat dan menambah keuntungan sebuah perusahaan.

Hal ini diakui oleh Irvan Yasni, Director Corporate IT dari Sinarmas Land. Di perusahaan yang dipimpinnya, kerja secara mobile sudah mulai dilakukan oleh segelintir kalangan.

"Tidak semuanya memang, mungkin selevel manager ke atas. Karena di level ini lebih sering berpergian," katanya, saat berbincang dengan detikINET di sela acara Cisco Innovate 2013 di hotel Grand Hyatt, Rabu (3/4/2013).

Untuk menunjang produktivitasnya di kantor, Irvan menggunakan teknologi cloud, data center, serta sistem keamanan dari Cisco. Salah satunya ada Virtual Desktop Infrastructure (VDI).

Aplikasi ini memungkinkan para karyawan untuk memiliki komputer dalam bentuk virtual yang bisa diakses dari manapun melalui tablet PC atau smartphone. Komputer ini sejatinya berada dalam satu perangkat khusus yang mampu menampung hingga ribuan user.

"Jadi kita tidak perlu memberikan komputer (fisik) kepada karyawan. Ini lebih hemat, hemat listrik dan hemat tempat. Secara Total cost of ownership (TCO) penghematannya bisa USD 100-300 per karyawan," imbuh Irvan.

Proses implementasi VDI juga diklaim tidak sulit, dan hanya memakan waktu sekitar 6 bulan di Sinarmas Land. Setelah itu para pengguna baru bisa mengaksesnya dari gadget apau pun dan dimana pun.

Selain mendapat sisi positif dari penghematan, kerja secara mobile juga dipercaya dapat meningkatkan daya saing sebuah perusahaan.
Sumber

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".