5 Penyalahgunaan Twitter yang 'haram' dilakukan netizen

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 07.13.00

5 Tindak penyalahgunaan Twitter yang 'haram' dilakukan netizenSetelah menerima desakan dari pemerintah Amerika dan Eropa, akhirnya Twitter memperbarui kebijakan penyalahgunaan akun mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari oknum-oknum yang dengan sengaja menggunakan Twitter untuk tindakan kriminal.

Oleh karena itu, hari ini (30/12), Twitter secara resmi menambahkan aturan soal ancaman kekerasan ke laman Support mereka. Aturan yang bersifat langsung atau tidak langsung ini melarang pengguna untuk membuat ancaman kekerasan hingga terorisme.
Dalam blognya, Twitter menyatakan bila pihaknya sedang menggalakkan perlindungan lebih pada pengguna dari adanya pelecehan dan penyalahgunaan. Dengan update kebijakan ini, Twitter berharap tidak akan ada lagi kesalahan dalam menentukan mana postingan yang tergolong perilaku penyalahgunaan atau yang pemicu kebencian publik.
Nah, bagi akun yang terbukti melanggar, Twitter bakal 'menghukum' dengan cara meminta pengguna akun untuk memberikan verifikasi, menghapus Tweet, bahkan termasuk penguncian akun baik sementara atau selamanya.
Agar Anda tidak terjerat hukuman dari Twitter terkait hal ini, berikut adalah perilaku penyalahgunaan yang sebaiknya tidak dilakukan di Twitter.

1.
Ancaman kekerasan (langsung atau tidak langsung)

Merdeka.com - Pengguna dilarang membuat ancaman kekerasan atau menganjurkan kekerasan. Termasuk dalam hal ini adalah mengancam dan menganjurkan terorisme.
Pengguna juga dilarang membuat ancaman atau menganjurkan kekerasan terhadap seseorang atau kelompok berdasarkan ras, etnis, kebangsaan, agama, orientasi seks, gender, identitas gender, usia dan ketidakmampuan fisik.

2.
Penyalahgunaan dan pelecehan

Pengguna dilarang terlibat dalam penyalahgunaan atau pelecehan yang dilarang oleh Twitter. Beberapa faktor yang pertimbangkan Twitter saat menentukan tindakan yang dianggap sebagai penyalahgunaan atau pelecehan yang ditargetkan adalah:
  • jika tujuan utama dari akun yang dilaporkan adalah mengirim pesan kasar kepada orang lain;
  • jika perilaku yang dilaporkan bersifat sepihak atau mengandung ancaman;
  • jika pengguna yang dilaporkan menghasut seseorang untuk melecehkan pengguna lain; dan
  • jika pengguna yang dilaporkan mengirimkan pesan yang melecehkan kepada seorang pengguna dari banyak akun.

3.
Mencelakai diri sendiri

Sama seperti yang kerap terjadi di Facebook dan jejaring sosial lain, pengguna mungkin saja menemui seseorang di Twitter yang ingin melakukan upaya bunuh diri atau mencelakai diri sendiri.
Apabila pihak Twitter menerima laporan bahwa ada seorang pengguna mengancam untuk melakukan bunuh diri atau mencelakai diri sendiri, Twitter dapat mengambil beberapa langkah untuk membantu pengguna yang dilaporkan. Misalnya, menghubungi pengguna tersebut sebagai bentuk perhatian Twitter dan kepedulian dari pengguna lain di Twitter.
Bahkan, Twitter juga menyediakan sumber daya seperti informasi kontak untuk menghubungi mitra kesehatan mental.

4.
Asal sebar informasi pribadi

Pengguna dilarang mempublikasikan atau mengirimkan informasi pribadi dan rahasia orang lain, seperti nomor kartu kredit, alamat rumah, atau nomor Jaminan Sosial/Tanda Pengenal tanpa izin dan kuasa tertulis dari yang bersangkutan.
Selain itu, pengguna juga dilarang mengirimkan foto atau video keintiman yang diambil atau didistribusikan tanpa izin dari yang bersangkutan. Namun, bila informasi tersebut sebelumnya sudah ditampilkan di situs lain di internet, hal tersebut bisa tidak dikategorikan sebagai pelanggaran.

5.
Peniruan

Pengguna Twitter dilarang menirukan akun atau identitas orang lain melalui layanan Twitter dengan cara apa pun yang sengaja atau bermaksud menyesatkan, membingungkan, atau menipu pengguna lain.
Jika tetap membandel, Twitter bisa langsung menghapus akun duplikat itu. Tetapi, penghapusan akun tidak akan dilakukan jika hanya nama akun yang sama namun berbeda data profil lainnya.
Selain itu, akun-akun yang mempunyai foto profil tidak secara otomatis dikategorikan sebagai tindak pelanggaran.



Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".