Polisi Menangkap Hacker Yang Mencuri Jutaan Dari ATM-ATM di Eropa

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 02.45.00


Polisi Menangkap Hacker Yang Mencuri Jutaan Dari ATM-ATM di Eropa

http://hackersnewsbulletin.com/wp-content/uploads/2014/03/ATM_blog_infographic_fig1.pngPihak penegak hukum Rumania telah menangkap delapan penjahat cyber yang diduga menjadi bagian dari geng kriminal internasional yang dicuri uang tunai dari ATM (anjungan tunai mandiri) menggunakan malware.

Operasi disebut sebagai salah satu operasi pertama dari jenis ini di Eropa, dilakukan di Rumania dan Moldova oleh Polri Rumania dan Direktorat Investigasi Kejahatan Diselenggarakan dan Terorisme (DIICOT), dengan bantuan dari Europol, Eurojust dan penegakan hukum Eropa lainnya berwenang.

Europol tidak memberikan nama-nama dari setiap delapan penjahat ditangkap tetapi mengatakan bahwa geng dituduh menggunakan sebuah karya malware, dijuluki Tyupkin, untuk melakukan apa yang dikenal sebagai serangan Jackpotting dan membuatnya jutaan dengan menginfeksi ATM di seluruh Eropa dan di luar.

 Dengan bantuan Tyupkin malware, para tersangka mampu mengosongkan uang tunai dari ATM yang terinfeksi dengan menerbitkan perintah melalui ATM pin pad.

 "Kelompok kriminal itu terlibat dalam skala besar ATM Jackpotting - istilah yang mengacu pada penggunaan kuda Trojan, secara fisik diluncurkan melalui sebuah file eksekusi untuk menargetkan ATM," Europol menjelaskan dalam siaran pers, "sehingga memungkinkan penyerang untuk mengosongkan kaset rekaman kas ATM melalui manipulasi langsung, menggunakan pad PIN ATM untuk mengirimkan perintah ke Trojan. "

 Tyupkin pertama kali dianalisis pada tahun 2014 oleh Kaspersky Lab mengikuti permintaan dari lembaga keuangan. Selama penyelidikan, Kaspersky menemukan ancaman malware pada lebih dari 50 ATM di Eropa Timur.

Malware memungkinkan operator untuk menarik uang tunai dari ATM tanpa persyaratan kartu pembayaran.

Meskipun, Europol tidak menyebutkan berapa banyak uang total geng kriminal bisa menjarah, itu meyakini bahwa geng mampu menyebabkan "kerugian besar" di seluruh Eropa dan bahwa kerugian bisa dalam Jutaan.

Penulis :

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".