10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 03.05.00

10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google 


Sangat lucu jika kita membicarakan brand raksasa internet jika tidak menyertakan Google ke dalam daftarnya.
Google punya sekian banyak inovasi dan produk ampuh mereka untuk menggaet banyak user di seluruh dunia. Berawal dari search engine dan merambah ke dunia antariksa? Saat ini hanya Google yang bisa melakukannya.
Well, Google punya banyak fitur yang bisa jadi sudah sobat gunakan.
Entah itu Gmail, Youtube, Blogger, Google Drive, Google+, hingga mode software seperti Google Earth.
Menariknya? Ada beberapa alamat web khusus yang berfungsi untuk memudahkan pengguna Google.
Tidak sekedar memudahkan, bahkan ada juga yang bisa menyelamatkan keamanan akun. Ingin tahu? Siap-siap bookmark halaman ini (adaptasi dari Labnol)!

10 Alamat Web yang Harus Diketahui Pengguna Google



1. Lihat semua aktivitas login
Google merekam semua aktivitas pengetikan username dan password di perangkat manapun yang sobat gunakan. Data tersebut tidak serta merta hilang, tetapi disimpan untuk mengetahui rekam jejak pengguna ketika mengisikan password. Disertai juga perangkat, sistem operasi, browser, waktu, hingga alamat IP dimana sobat masuk ke Google.
https://passwords.google.com


2. Mengontrol iklan Adsense apa saja yang ingin dilihat

Di ranah internet ini pasti sudah familiar dengan tampilan iklan Google Adsense. Selain karena membawa brand "Google", relevansi iklan juga membuat pengguna nyaman menggunakannya. Namun tidak selamanya 100% relevan, terkadang iklan "itu" juga bisa dilihat oleh pengguna yang belum cukup umur. So, segera atur preferensi iklan yang sesuai dengan diri sobat!

https://www.google.com/ads/preferences/


3. Backup semua data kamu sebelum semua sirna!
Bagaikan ekosistem yang semuanya saling ketergantungan, Google memberi kesempatan kepada setiap penggunanya untuk mem-backup atau mengarsipkan data yang pernah dibuat. Seperti foto, video, blog, dan sebagainya.

https://www.google.com/takeout


4. Mau melaporkan situs? Baca dulu rambu-rambunya!
Trend "Peringatan DMCA" sering cukup melekat pada Blogger, Youtube, dan Adsense karena ketiga raksasa tersebut paling sensitif dengan konten ilegal atau melanggar hak cipta. Sobat bisa melaporkan situs-situs ekstrim seperti perjudian, pornografi, pembajakan, hingga konten yang mengandung banyak gore.

https://support.google.com/legal


5. Ponsel Android hilang? Bisa cek disini lokasinya
Perangkat Android yang telah terverifikasi (sudah login ke Google) akan terus memberikan informasi ke server Google mengenai lokasi terbarunya. Informasi ini bisa sobat akses kembali untuk mengetahui lokasi ponsel Android secara real-time. Namun syaratnya Android harus dalam kondisi aktif dan terhubung ke internet.

https://maps.google.com/locationhistory


6. Daftar ke produk Google tanpa Gmail
Kita tahu Google punya kebijakan "buy A get B" yang agak menjengkelkan banyak orang. Saya cuma mau akun Youtube, kok harus pakai Gmail? Ada cara lain dimana sobat bisa menggunakan email lain untuk terhubung ke media Google.

https://accounts.google.com/SignUpWithoutGmail


7. Google memantau aktivitasmu
Google merekam setiap aktivitas sobat demi bisa melakukan sinkronasi akun dengan pengguna. Fitur pintar ini dapat mengatur bagaimana kebiasaan penggunanya dan memprediksi apa yang diperlukan penggunanya (keren kan?), termasuk situs apa saja yang sobat buka? Oh no!!

https://history.google.com


8. Pengingat program "wajib login"
Setidaknya 9 bulan sekali, sobat harus masuk ke akun Google jika tidak ingin akun tersebut masuk daftar antrian penghapusan. Jika memiliki banyak akun Google, sebaiknya gunakan akun utama yang menjadi media Google untuk memberitahukan bahwa sobat harus login di akun tertentu.

https://www.google.com/settings/account/inactive


9. Waspadai aktivitas mencurigakan di akun
Bahaya peretasan (hacking) masih menghantui semua pengguna internet. Bisa saja ada pihak yang menggunakan akun sobat untuk kepentingan pribadi, dan jelas merugikan pihak lain. Google sudah mengantisipasi hal ini dengan memantau semua aktivitas login secara detil beserta protokol pengamanan akun jika terjadi aktivitas mencurigakan.

https://security.google.com/settings/security/activity


10. Atur aplikasi apa saja yang terhubung ke akun
Layaknya Facebook, Google juga terintegerasi dengan ribuan aplikasi yang menunjang pengalaman penggunaan yang lebih banyak lagi. Tidak selamanya aplikasi tersebut aman, mungkin juga ada aplikasi yang ingin dicopot keberadaannya dari akun. Sobat bisa atur semua aplikasi yang terhubung ke akun Google.
Setidaknya 10 URL di atas bisa membantu atau menyelamatkan akun Google sobat. Jika diperlukan, sobat buat daftarnya jika sewaktu-waktu dibutuhkan.
Bagaimana jika alamatnya berubah?
Biasanya jika berubah, alamat lama tetap aktif namun dialihkan ke yang baru. Jadi bisa dibilang alamat tersebut bersifat permanen.

Oh ya, beberapa halaman bersifat sensitif terhadap keamanan akun, untuk itulah harus memasukan password kembali.

Sumber : CRONOSAL

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".