Blake Aaron Ross ~ Sang Pencipta Browser Mozilla Firefox

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 01.39.00

 Blake Aaron Ross ~ Sang Pencipta Browser Mozilla Firefox


Blake-Aaron-Ross-Mozilla-Firefox
Siapa yang tak kenal dengan Mozilla Firefox. Salah satu browser yang powerful ini telah menemani perjalanan dan perkembangan #internet selama bertahun-tahun. Meskipun banyak browser baru yang bermunculan dan menawarkan beragam fitur canggih, namun banyak orang yang masih mengandalkan Mozilla Firefox untuk keperluan browsing yang cepat dan praktis.
Lalu siapakah sosok brilian yang menciptakan Mozilla Firefox? Sosok itu tak lain dan tak bukan adalah Blake Aaron Ross.

Sepintas Tentang Blake Aaron Ross

Blake Aaron Ross lahir di Miami Florida, 12 Juni 1985. Kecintaannya terhadap dunia teknologi sudah mulai ditunjukkan sejak kecil. Bahkan pada usia 10 tahun, Blake sudah mampu membuat website sendiri. Menginjak usia 15 tahun, Blake sudah memberikan kontribusinya pada perusahaan Netscape Communications Corporation setelah Netscape mengusung perubahan konsep menjadi open source.
Minatnya di dunia teknologi tak membuat Blake lantas menghindar dari tugasnya sebagai seorang pelajar. Blake tetap memiliki fokus yang baik pada aktivitas sekolah dan berhasil tamat dari Stanford University pada tahun 2005.




Lahirnya Mozilla Firefox

Selama berkarir di Netscape, Blake merasakan banyak ketidakpuasan terhada fitur-fitur #browser yang dikembangkan Netscape. Kekecewaan akan browser besutan Netscape membuat Blake tergerak untuk membuat browser yang lebih efisien. Pada tahun 2002, Blake bertemu dengan seorang rekan baru bernama Dave Hyatt. Bersama Dave, Blake kemudian mulai membuat versi Netscape baru yang fiturnya jauh lebih efisien, simpel dan cepat. Dari sinilah awal mula terciptanya browser Mozilla Firefox.
Kehadiran Mozilla Firefox ternyata mampu menggeser Internet Explore yang selama ini diandalkan untuk melakukan kegiatan browsing. Versi 1.0 dari Mozilla Firefox dirilis pada 9 November 2004. Pada awalnya browser besutan Blake dan Dave dinamai Mosaic Killer. Namun akhirnya mengalami sedikit perubahan. Kata “killer” ternyata banyak dieja dengan kata “killa”, maka kata mosaic yang digabung dengan kata killa kemudian melahirkan nama Mozilla.
Pada tahun 2005, Mozilla Foundation mengumumkan proses pembuatan perusahaan Mozilla Corporation yang akan memfokuskan diri pada peluncuran berbagai software kepada user, seperti Mozilla Firefox, Thunderbird, Bugzilla dan beberapa jenis software lainnya. Trademark Mozilla sendiri sudah diresmikan oleh Mozilla Foundation pada tahun 2006.

Intuisi yang Kuat

Intuisi Blake terhadap pengembangan Mozilla Firefox membawanya untuk mengikutsertakan #Google dalam fitur pencarian di Mozilla Firefox. Bahkan kini pendapatan Mozilla Firefox tak hanya bergantung pada Google namun juga berasal dari para penyedia kolom search lainnya seperti Amazon, Wikipedia, Yahoo dan Ebay.
Fitur toolbar pada Mozilla Firefox juga mendatangkan keuntungan besar lainnya karena dapat diintegrasikan dengan beragam situs favorit seperti #Facebook, #Twitter dan MySpace. Walaupun Mozilla Firefox bersifat open source bagi seluruh pengguna internet, namun pendapatan yang diperoleh dari kerjasama dengan perusahaan teknologi lainnya dapat menghasilkan pendapatan yang jumlahnya sangat fantastis.

Mengintip Mozila Firefox di Masa Kini

Mozilla Firefox memang berhasil meraih hati para pengguna internet. Bahkan pada peluncuran versi 2.0 yang dilakukan pada periode Oktober 2006, Mozilla Firefox berhasil diunduh oleh 2 juta pengguna internet dalam kurun waktu 24 jam. Ukuran aplikasinya yang relatif kecil dan ringan membuat Mozilla Firefox mudah digunakan tanpa hambatan lack yang berarti.
Fitur penghentian pop up, integrated search toolbars dan tabbed browsing mempermudah para pengguna internet saat menggunakan browser untuk beragam aktivitas di dunia maya. Kita jadi dapat membuka beberapa halaman internet sekaligus dengan menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh Mozilla Firefox.


Kini Blake Ross masih terus berinovasi untuk mewujudkan Mozilla Firefox yang lebih berkualitas dan bebas dari serangan firewall atau virus lainnya. Beberapa fitur email dan sinkronisasi PC pocket Windows diperbaiki dengan harapan untuk memudahkan proses unduh berbagai tipe file, misalnya Web Calendar. Kita tentu harus menunggu inovasi terbaru yang diberikan Blake Ross pada Mozilla Firefox.
Jangan hanya menunggu dengan berpangku tangan, namun mulailah meneladani kedisplinan dan semangat Blake Ross agar bisa mengembangkan passion sesuai dengan cita-cita yang ingin kita capai karena pengalaman dan passion adalah senjata terbaik untuk merebut kesuksesan.(Maxmanroe)

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".