Mau Produktif Tanpa Harus Ketergantungan Smartphone? Lakukan 4 Langkah Berikut Ini

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 02.39.00

Mau Produktif Tanpa Harus Ketergantungan Smartphone? Lakukan 4 Langkah Berikut Ini

 ketergantungan smartphone
Sebagai produk teknologi, #smartphone memang banyak membantu kegiatan dan aktivitas manusia sehari-hari. Bahkan karena saking menariknya fungsi yang diberikan smartphone ini penggunanya pun banyak sekali yang mengalami ketergantungan pada benda ini. Kehadiran ponsel pintar yang begitu bombastis membuat keberadaannya menciptakan fenomena tersendiri di masyarakat.

Salah satu fenomena dari penggunaan smartphone yang sudah nampak adalah pola keterikatan pengguna dengan ponsel pintar yang tak terpisahkan. Smartphone memang bukan lagi digunakan untuk alat berkomunikasi, namun dengan canggihnya fitur yang ada, benda yang satu ini bisa menjadi alat pengisi waktu luang dengan bermain game atau menonton film serta mendengarkan musik.

Fenomena keterikatan pengguna dengan smartphone ini memang sudah berada pada tingkat yang tinggi. Betapa tidak, smartphone sudah tidak lagi menjadi barang wajib untuk bepergian keluar, bahkan di tempat tidur pun saat penggunanya akan tidur, benda yang satu ini akan terus ada di sampingnya dan beberapa masih berada dalam genggaman tangannya.




Memang tidak ada salahnya menggunakan smartphone sepanjang hari, namun jika penggunannya terjadi hingga malam hari pada saat seharusnya Anda istirahat maka hal ini akan bisa mengganggu produktivitas Anda. Bila Anda memang sudah terjangkit ketergantungan smartphone hingga membuat produktivitas Anda menurun maka Anda harus segera bergerak untuk mengatasi hal ini. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa kembali produktif meskipun tanpa menggunakan smartphone.

1. Jangan Bawa Smartphone Anda Ketika Tidur

Langkah pertama untuk membuat Anda lebih produktif tanpa ketergantungan smartphone adalah dengan tidak membawa smartphone ketika hendak tidur. Anda harus ingat bahwa waktu istirahat atau waktu tidur Anda adalah sangat penting untuk mengumpulkan energi dan menjalankan kegiatan atau aktivitas di esok hari. Bila waktu tidur Anda sudah terganggu dengan smartphone di momen ini maka sudah bisa dipastikan bahwa Anda akan merasa lemas dan tak bergairah di esok hari.

Saat Anda lemas dan tak bergairah karena kekurangan jam istirahat maka bisa dipastikan produktivitas Anda akan menurun. Nah dari sini untuk bisa meningkat produktivitas maka memang mau tak mau Anda harus menyingkirkan ponsel pintar saat Anda hendak tidur atau beristirahat.

2. Pilihlah Waktu Spesifik untuk Mengecek Smartphone

Seringkali seseorang setelah bangun tidur langsung bergerak meraih ponsel pintarnya untuk selanjutnya melakukan pengecekan. Beberapa momen seperti saat bekerja atau menyelesaikan proyek, seseorang juga disibukkan dengan smartphone-nya untuk mengecek #email atau media sosial. Tentu saja hal ini sah-sah saja, namun bila Anda sadari keadaan ini sebenarnya akan banyak menyita waktu Anda yang seharusnya bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan tugas dengan segera.

Maka dari itu saat ingin melakukan pengecekan email atau media sosial usahakan untuk menahan diri hingga benar-benar Anda menemukan waktu yang tepat. Waktu yang tepat dan tidak mengganggu produktivitas yaitu waktu senggang (coffe break) atau waktu istirahat makan siang atau juga sepulang bekerja. Dengan menggunakan waktu-waktu ini tentu saja produktivitas Anda tidak terganggu dan pekerjaan pun akan cepat bisa diselesaikan.

3. Mematikan Notifikasi

Notifikasi email dan #media sosial memang acap kali menjadi hal yang sering membuat kita terganggu dan membuat produktivitas menurun. Nah dari sini untuk menangkal pengganggu ini maka Anda bisa melakukan penonaktifan notifikasi pada email, media sosial, sms dan lainnya yang ada di smartphone.
Dengan cara ini maka Anda tak akan lagi merasa terganggu dengan bunyi atau getaran dari notifikasi yang datang dari smartphone. Dari sini pun Anda akan jauh lebih produktif dalam pekerjaan.

4. Berkomitmen untuk Membuat Waktu Tanpa Smartphone

Terakhir, langkah untuk meningkatkan produktivitas diri tanpa ketergantungan smartphone adalah dengan mematikan smartphone dan berkomitmen untuk membuat waktu tanpa smartphone. Anda harus yakin dan percaya bahwa dengan mematikan smartphone dan membuat waktu tanpa smartphone tak akan membuat Anda jadi orang kuper dan kudet.

Malah sebaliknya dengan waktu ini Anda akan lebih mendapatkan momen-momen penting yang bisa membuat Anda tumbuh dalam dunia pergaulan yang lebih nyata. Dan yang terpenting produktivitas yang Anda impikan pun akan tercapai dengan gemilang.(maxmanroe)
 

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".