Robot buatan mahasiswa ini bisa mengenali wajah dan ucapan manusia

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 07.05.00

Robot buatan mahasiswa ini bisa mengenali wajah dan ucapan manusia

Robot buatan mahasiswa ini bisa mengenali wajah dan ucapan manusia Tiga Mahasiswa Binus University, baru saja memamerkan hasil robot ciptaannya. Tiga mahasiswa tersebut adalah Reinhard Lazuardi Kuwandy (22), Oey Kevin Wijaya (22) dan Christian Tarunajaya (22). Robot yang mereka ciptakan berkonsep Intelligent Humanoid Robot, sehingga mampu mengenal wajah, ucapan manusia dalam bahasa Indonesia dan merespon dalam bahasa Indonesia juga.

"Selain dapat mengenal ucapan manusia dalam bahasa Indonesia dan merespon dalam bahasa Indonesia juga robot ini merupakan satu-satunya robot humanoid di Indonesia yang bisa melakukan hal secanggih ini," ungkap Widodo Budiharto, dosen pembimbing ketiga mahasiswa Binus University.

Penemuan robot ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia khususnya di bidang pendidikan dan entertainment. Reinhard menjelaskan bahwa manusia mempunyai batasan tenaga dalam mengerjakan suatu hal dan robot ini dirancang untuk membantu pekerjaan manusia yang tidak dapat dilakukan manusia. Pemerintah juga turut andil dalam penemuan robot ini melalui hibah Ristek Insentif Sistem Inovasi Nasional dari Pemerintah Republik Indonesia.

Robot ini terdiri dari dua sistem, yaitu robot system dan raspberry pi system. Robot system berguna untuk sistem pergerakan motor sedangkan raspberry pi system bertujuan untuk sistem kontrol robot. Secara singkat cara kerja robot ini adalah pertama-tama robot akan mendeteksi wajah user, kemudian terjadi proses training pengenalan wajah. Setelah itu raspberry pi system mengirimkan sinyal ke controller robot untuk menggerakkan motor robot. Pada proses ini lah robot akan membaca sinyal yang masuk dan kemudian memberikan respon kepada user dengan mengucapkan salam.

Saat ini, robot canggih ini mampu melakukan interaksi dengan manusia seperti bercerita, memberikan salam dan memainkan musik. Sebagai contoh robot ini dapat menjadi teman guru di sekolah dalam memberikan edukasi kepada para murid. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang dapat menyimpan banyak data atau informasi dan mampu menjelaskan kembali data dan informasi tersebut kepada user yang meminta.(merdeka)

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".