11 Fakta Penting Tentang Klub Nuklir

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 06.46.00

11 Fakta Penting Tentang Klub Nuklir

nuklir
The “Nuclear Club” atau Klub Nuklir adalah istilah informal yang digunakan untuk menyebut kelompok negara yang memiliki senjata nuklir. Nuclear Non-Proliferation Treaty (NPT) 1968 dirancang untuk mencegah penyebaran senjata nuklir dan membatasi ke lima anggota Klub Nuklir. Beberapa negara menolak untuk menandatangani perjanjian itu.

Meskipun NPT membatasi teknologi senjata, tetapi tidak berhak untuk membatasi penggunaan teknologi nuklir damai untuk negara manapun seperti untuk keperluan energi, kesehatan atau ilmiah. Berikut adalah 11 fakta menarik tentang klub paling eksklusif sekaligus berpotensi membuat kehancuran dunia ini.

nuklir rusia s
1.Ada Delapan (Mungkin Sembilan) Anggota dengan 15.600 Hulu Ledak.
Daftar negara yang mengkonfirmasi memiliki senjata nuklir adalah Amerika Serikat, Rusia, Perancis, Cina, Inggris Raya, India, Pakistan, dan Korea Utara. Israel mungkin memiliki atau mungkin tidak memiliki nuklir, karena mereka dikenal ambigu dalam kebijakan kemampuan senjata mereka
nuklir 1
Lima negara pertama pertama adalah anggota tetap Dewan Keamanan PBB. Perjanjian NPT mengakui negara ini sebagai negara senjata nuklir dan empat yang terakhir bukan bukan penandatangan NPT.

2.Lima Negara Jadi Rumah Nuklir Asing

Belgia, Jerman, Belanda, Italia, dan Turki menjadi tuan rumah nuklir Amerika di bawah perjanjian NATO. Sebanyak 30 negara-negara lain menggunakan teknologi nuklir untuk menghasilkan energi sesuai ketentuan NPT.

3.Afrika Selatan Satu-satunya Negara yang Membongkar Arsenal Nuklirnya
Casing bom nuklir milik Afrika Selatan
Casing bom nuklir milik Afrika Selatan
Dari tahun 1960-an hingga tahun 1980-an, apartheid Afrika Selatan mengejar kemampuan senjata nuklir. Mereka mampu merakit enam senjata dengan (diduga) bantuan dari Israel. Mata-mata Soviet menemukan kemampuan mereka, dimana Afrika Selatan ditolak untuk memiliki kemampuan itu. Ketika pemerintah apartheid jatuh dan Kongres Nasional Afrika (dipimpin Nelson Mandela) mengambil kekuasaan dan Afrika Selatan dibongkar persediaannya nuklirnya. Ini merupakan satu-satunya negara yang pernah menghancurkan seluruh program senjata pemusnah masalnya.

4. 59 Negara Lain  Mampu  Bangun Senjata Nuklir
Terlepas dari mereka yang sudah di Club Nuklir, Afrika Selatan, Argentina, Meksiko, Kanada, Australia, Vietnam, Jepang, Uzbekistan, Austria, Belarus, Belgia, Republik Ceko, Jerman, Hungaria, Italia, Belanda, Polandia, Swiss, Norwegia, Swedia, dan Ukraina semua memiliki teknologi dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat senjata nuklir. Irak, Libya, Suriah, Brasil, Korea Selatan, dan Taiwan telah memiliki program senjata di masa lalu tapi kemudian menghentikan usaha mereka.


nuklir3
5.Menjaga Gudang Nuklir di Dunia Sangat Mahal
Bahkan 20 tahun setelah berakhirnya Perang Dingin, ribuan senjata nuklir membuthkan anggaran lebih dari US$ 1 triliun per dekade untuk biaya pemeliharaan.

6.Pada tahun 2020, Pakistan akan Memiliki Stok Terbesar Ketiga di Dunia
nuklir 4
Sebuah laporan dari Carnegie Endowment for International Peace dan Pusat Stimson pada Agustus 2015 mengungkapkan Pakistan meningkatkan produksi mereka, dengan angka 20 per tahun. Laporan tersebut memperkirakan bahwa pada tahun 2020, Pakistan akan memiliki 350 hulu ledak yang akan menjadi negara ketiga setelah Amerika dan Rusia dalam stok bom nuklir. Pakistan juga menguji rudal balistik pada bulan Desember 2015 dengan kisaran 560 mil.

7.Keberhasilan Nonproliferasi Nuklir Jauh Lebih Banyak Dibanding Kegagalan
India dan Pakistan mengembangkan hulu ledak nuklir pada tahun 1998. Pada tahun 2003, Korea Utara menarik diri dari NPT dan kemudian menguji sejumlah senjata. Pada saat penandatanganan NPT, diperkirakan bahwa 20-30 negara akan memiliki senjata nuklir oleh 1985. Meskipun beberapa kemudian hanya tiga (mungkin empat) yang mengembangkan senjata ini


nuklir
8.Hanya Dua Negara yang Bisa Mengirim Nuklir ke Seluruh Dunia
Hanya Amerika Serikat dan Rusia yang memiliki kemampuan untuk menyerang tempat di manapun di dunia dengan nuklir baik dengan rudal balistik antarbenua atau dari senjata berbasis kapal selam. India dan Pakistan memiliki kemampuan serangan skala regional. Kisaran senjata Israel dan Korea Utara tidak diketahui.

9.Tiga Negara Mewarisi Senjata Nuklir
Belarusia, Kazakhstan, dan Ukraina mewarisi stok senjata nuklir setelah jatuhnya Uni Soviet. Mereka kemudian memberikan senjata ke Rusia dan ditandatangani pada NPT. (JejakTapak)

 

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".