Khoirul Anwar ~ Ilmuan Asal Indonesia Pemegang Hak Paten Atas Teknologi Sinyal 4G

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 02.17.00

Khoirul Anwar ~ Ilmuan Asal Indonesia Pemegang Hak Paten Atas Teknologi Sinyal 4G

Khoirul Anwar
Image dari Viva.co.id

Teknologi 4G atau yang sekarang kita kenal dengan 4G LTE, saat ini telah mengalami perkembangan yang pesat khususnya di Indonesia. Jika kita menilik lebih jauh lagi kecepatan #internet yang lebih baik di berikan oleh sinyal 4G LTE, apabila di bandingkan dengan para pendahulunya yang telah hadir di tengah-tengah kita, misalnya seperti HSUPA, HSDPA, dan 3G.

Namun, apabila di selidiki lagi tahukah Anda bahwa perkembangan pada teknologi 4G LTE tidak terlepas dari peran seorang peneliti sekaligus ilmuan asal Indonesia, yakni Khoirul Anwar, berasal dari kota Kediri, yang telah melakukan pengembangan atas teknologi 4G LTE hasil temuannya tersebut. Bahkan yang lebih hebat lagi telah mendapatkan hak paten atas teknologi ciptaannya dari negara Jepang juga Amerika Serikat.

Sekilas Tentang Penciptaan Teknologi 4G LTE

Seperti di lansir dari laman Japan Advance Institute of Science and Technology, pada Selasa (8/3/2016), #teknologi yang di temukan dan di kembangkan oleh Khoirul berasal dari tugas akhir disertasi S2 nya, dengan judul “Peak Power Reduction for Multicarrier Systems in Satellite and Radio Communications”.
Teknologi temuannya itu kemudian di adopsi menjadi standar International Telecomunication Union-Recomendation (ITU-R) S1817 dan S2173, yakni “Multi-carrier Based Transmission Techniques for Satellite Systems”. Konsep yang digagas, itu terlahir dari seorang pria yang juga pernah menimba ilmu di salah satu Universitas terbaik di Indonesia, yaitu Institute Teknologi Bandung (ITB), kemudian menjadikan basis dari Single Carrier Frequency Division Multiple Access (SC-FDMA) untuk teknologi 4G LTE dan telah mampu mereduksi peak power.




Hak paten yang di milikinya dapat di gunakan untuk teknologi komunikasi yang transmisinya menggunakan dua jenis FFT/IFFT. Selain daripada itu, penelitian yang di lakukan oleh Khoirul Anwar banyak membahas pada ilmu tentang teori informasi jaringan, pengkodean kerusakan, pengkodean untuk jaringan super padat, pengkodean berulang, dan konferensi di area komunikasi nirkabel (tanpa media kabel).
Atas beberapa hasil dari tulisannya, Khoirul pun berhasil mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi antara lain Best Student Paper Award dari The IEEE Radio dan Wireless Symposium 2006 (RWS’06) California-USA, Best Paper of Indonesian Student Association Conference Kyoto-Jepang 2007, dan juga Ahmad Bakrie Awards 2014.

Perjalanan Karir Khoirul Anwar

Pria yang biasa di sapa Khoirul ini, terlahir dari keluarga kecil nan sederhana di kota Kediri, Jawa Timur, dari pasangan suami istri Siti Patmi juga Sudjiarto. Ia lulus dari Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kediri, dan melanjutkan studinya pada jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung pada tahun 1996.
Setelah ia menyelesaikan studinya di ITB pada tahun 2000, dengan predikat sangat memuaskan “Cum Laude” dan juga mendapatkan penghargaan sebagai salah satu lulusan terbaik. Langkah selanjutnya yang ia ambil adalah menerima tawaran program beasiswa dari brand elektronik ternama yaitu Panasonic, untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di Jepang pada bidang yang sama Wireless Communications, dan telah lulus pada tahun 2005.
Tidak berhenti sampai di situ Khoirul pun melanjutkan studinya ke jenjang S3, dan mendapatkan gelar Doktor dari Graduate School of Information Science, Nara Institute of Science and Technology, dan juga telah selesai pada tahun 2008.

Hingga kini teknologi hasil temuannya tersebut, telah membawa perubahan besar bukan hanya di Indonesia melainkan di seluruh belahan dunia telah bisa memanfaatkannya. Memang kita sebagai manusia telah di wajibkan untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya, ada pepatah lama mengatakan “Carilah Ilmu Sampai ke Negeri Cina”, yang memiliki arti untuk mencari ilmu itu tidak di batasi oleh ruang dan waktu, apabila di perlukan dan ada kesempatan maka tidak ada salahnya untuk kita manfaatkan.

Cita-cita dan impian bisa di wujudkan apabila kita rela untuk berkorban lebih dalam meraihnya. Mustahil bisa menggapai semua itu tanpa dibarengi dengan semangat dan juga tindakan nyata.(maxmanroe)

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".