Pelengkap robot masa depan, otot artifisial ini mampu 'regenerasi'

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 08.07.00

Pelengkap robot masa depan, otot artifisial ini mampu 'regenerasi'

Pelengkap robot masa depan, otot artifisial ini mampu 'regenerasi'
Otot artifisial yang mampu regenerasi. © huffingtonpost.com
 
Para ilmuwan internasional telah mengembangkan penemuan yang revolusioner. Penemuan ini digadang-gadang akan membuat revolusi terhadap perlengkapan prostetik dan bahkan robot.

Material yang ditemukan ini dapat meregang 100 kali lebih panjang dari panjang aslinya, dan mampu 'sembuh' sendiri ketika ditusuk. Penemuan ini dipublikasikan di jurnal Nature Chemistry.

Terlihat seperti otot, material ini sangat fleksibel hingga para ilmuwan tak punya peralatan yang sebanding dengan kemampuan fleksibilitasnya. Dua orang tim riset, Dr. Cheng-Hui li dan Dr. Chao Wang, mencoba meregangkan material ini. Hasilnya, sekitar 2,5 centimeter material bisa meregang hingga 2,5 meter.
Otot artifisial yang mampu regenerasi huffingtonpost.com
 
Benda yang akan tentu akan memberi fleksibilitas pada penemuan-penemuan di masa depan ini, terbuat dari jaringan yang membentuk plastik polimer, yang memang mengandung zat yang flaksibel namun sekuat plastik. 

Para peneliti tak hanya mencoba kekuatan regangannya, namun juga membuatnya merespon detakan dan kedutan, layaknya otot asli. Hal ini dilakukan dengan mengehentaknya dengan tegangan listrik.

Para peneliti juga menemukan bahwa material ini bisa 'memperbaiki diri' dengan berbagai luka tusukan atau robekan yang terjadi, asal temperaturnya berada di sekitar minus 20 derajat celcius.

Dr. Zhenan Bao, seorang profesor teknik kimia di Standford University dan penulis studi ini menjelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi: "Setiap ion logam mengikat setidaknya dua ligan, sehingga jika salah satu ligan rusak, ion logam masih dapat terhubung ke ligan di sisi lain. Hal ini membuat ion dengan mudah dapat berhubungan kembali degan ligan lain jika cukup dekat."

Material ini akan digunakan untuk mengembangkan prostetik bagi para penyandang disabilitas atau robot. Dengan adanya material ini, prostetik atau robot nantinya akan bisa punya pergerakan yang sangat mirip dengan manusia, dan bisa dikontrol langsung melalui otak manusia, karena kemampuan dan responnya terhadap kedutan layaknya otot manusia.

"Di masa depan, material ini bisa dihubungkan dengan neuron manusia dan dikendalikan oleh sinyal neuron manusia," ungkap Dr. Wang.

 

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".