Pentagon: China Berhasil Uji Coba Hulu Ledak Hipersonik

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 20.41.00

Pentagon: China Berhasil Uji Coba Hulu Ledak Hipersonik

Ilustrasi hulu ledak (Foto: Wikipedia)
Hulu ledak 
 Pentagon mengklaim China berhasil melakukan uji coba hulu ledak canggih berkecepatan tinggi. Hulu ledak DF-ZF itu diluncurkan pada Jumat 22 April 2016 menggunakan sebuah rudal balistik yang ditembakkan dari Wuzhai, China.

Jalur terbang hulu ledak itu terlacak oleh satelit Amerika Serikat (AS) saat terbang dengan kecepatan ribuan kilometer per jam di atmosfer bumi. Intelijen Negeri Paman Sam khawatir DF-ZF digunakan untuk mengirim senjata nuklir karena mampu melewati sistem pertahanan rudal apa pun.

Glider hulu ledak itu juga dikhawatirkan sebagai bagian dari strategi senjata konvensional Negeri Tirai Bambu yang mampu mencapai target serangan di belahan dunia manapun dalam hitungan jam. Glider yang dibawa oleh rudal balistik itu mampu terbang lima kali lebih cepat dari kecepatan cahaya.

Seperti diwartakan Russia Today, Kamis (28/4/2016), Juru Bicara Pentagon Komandan Bill Urban menolak berkomentar mengenai uji coba hulu ledak China tersebut. Namun, dia menyatakan institusinya siap untuk memonitor modernisasi militer Beijing.

Kekhawatiran senada juga disuarakan anggota Kongres AS, Randy Forbes. “Uji coba kesekian kalinya glider hipersonik China menunjukkan komitmen Beijing untuk menjatuhkan militer konvensional dan keseimbangan nuklir. Implikasi terburuk adalah terganggunya kestabilan kawasan Asia,” tuturnya.

Uji coba pada Jumat lalu itu merupakan yang ketujuh kalinya dilakukan oleh China. Enam kali uji coba sebelumnya dilakukan pada 2014 dan 2015. Seluruh uji coba glider hipersonik tersebut dinyatakan berhasil oleh pihak Beijing.

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".