Militer Italia Mengadopsi Open Source LibreOffice Dan Menghemat 29 Juta Euro

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 07.15.00

Militer Italia Mengadopsi Open Source LibreOffice Dan Menghemat 29 Juta Euro

libreoffice saves millions italy
Sebagai hasil dari pengumuman tahun lalu bahwa Kementerian Pertahanan Italia yang akan membuang Microsoft Office suite dan mengadopsi sumber LibreOffice terbuka, penghematan hingga 29 juta diharapkan selama beberapa tahun ke depan. Migrasi ini dilakukan di bawah proyek dijuluki LibreDifesa yang telah menerapkan  LibreOffice untuk sekitar 5.000 bidang kerja.

Kembali pada bulan September 2015, Italia Kementerian Pertahanan menandatangani perjanjian dengan non-profit LibreItalia berbasis Italia, sebuah organisasi yang diciptakan untuk menyebarkan LibreOffice di berbagai bagian masyarakat, termasuk pendidikan, pemerintah, dan masyarakat sipil.

Sekarang, kementerian Italia telah mengumumkan bahwa mereka mengharapkan untuk menghemat sampai 29 juta Euro dengan langkah ini mendukung open source. Efek keuangan ini akan terlihat selama beberapa tahun mendatang.

Setelah saat lisensi Microsoft Office mereka akan berakhir, Departemen Pertahanan berharap memiliki 75.000 instalasi LibreOffice 2017, yang merupakan 70% dari total pengguna. Pada tahun 2020, jumlah ini diperkirakan akan meningkat dengan tambahan 25.000.

Sampai saat ini, 5.000 sistem bermigrasi dari Microsoft Office ke LibreOffice


LibreItalia juga bekerja pada sebuah e-learning yang akan mengajarkan staf militer Italia mengenai penggunaan LibreOffice suite.

Menurut Jendral Camillo Sileo, proyek ini dimulai sebagai analisa dampak itu termasuk briefing kepada staf, pelatihan para pelatih, dan perwakilan IT. Dia menambahkan bahwa orang-orang antusias dan membantu mengenai migrasi ini.

Di tempat lain baru-baru ini massa migrasi ke perangkat lunak open source, kota Vicenza Italia mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menggantikan Microsoft Windows OS oleh distro Linux Zorin OS.

       

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".