Cara Membuat Label Nama atau Harga dengan Ms. Word Mail Merge Manager

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 04.49.00

Cara Membuat Label Nama atau Harga dengan Ms. Word Mail Merge Manager

1. Pertama buat file Data terlebih dahulu menggunakan Ms Exel dengan jumlah baris sesuai dengan jumlah sticker pada lembaran label. Pada contoh 30 sticker dengan isi yang sama. Masing2 sticker bisa berisi informasi yang berbeda-beda, masukkan info sesuai keperluan. Bagian yang dihighlight orange berisi Field name (misalnya Nama Barang, Harga, Kode Barang). Simpan file dengan nama yang mudah diingat.


2. Buka Ms Word, New Blank Document.
Pilih Tool, Mail Merge Manager.



3. Dari Mail Manager, Create New, pilih Labels.
Dari Labels dialog box, jika tidak terdapat label yang diinginkan dari pilihan yang ada, cick New Label, beri nama dan isi parameter yang diperlukan sesuai petunjuk. Pada contoh adalah parameter yang digunakan untuk mencetak label Tom & Jerry 3 x 10 stickers dengan kode label 107.
Click OK untuk menyimpan.


4. Click Get List, Open Data Source dan pilih nama file data, click OK, pilih Sheet1, Entire Worksheet, click OK..



5. Click Insert Merge Field, pilih Field yang ingin kita cetak pada label, atur jarak antara Field dengan menekan Spasi atau Enter untuk turun kebaris berikut. Clik OK. Setelah semua dilakukan, click OK.


6. Inilah tampilan dari Main Document setelah semua Field kita import pada halaman. Jangan khawatir, ketika di print nanti yang tercetak adalah text sesuai data sebenarnya bukan place holder seperti terlihat pada gambar.

Pada tahap ini, disain label bisa dipercantik dengan mengganti backgroud, menambahkan emoji, mengatur center text dan sebagainya. JIka telah puas dengan tampilan dilayar, masukkan sehelai kertas draft terlebih dahulu, click print dan lihat hasilnya. Pegang label dan kertas menentang cahaya dan lihat posisi tulisan pada label, jika belum pas ada yang terlalu keatas atau malah keluar area sticker, perbaiki parameter pada opsi Label yang sebelumnya diisi. Jika semua sudah pas, masukkan lembaran sticker sesuai petunjuk pada printer dan selamat mencetak label sendiri...


Penambahan foto atau clip art pada label dilakukan pada disain area pojok kiri atas.



1. Dari menu pilih Insert - Clip Art - Gallery. Bisa juga dipilih Browser jika clip art yang dicari tidak ditemukan pada Gallery.


2. Pilih gambar yang diinginkan sesuai disain.



3. Untuk mengkopi gambar ke semua label, clik tombol dengan tanda panah ke bawah dan ke kanan (pojok kanan dari dari menu).




4. Tampilan label dengan clip art sebelum dicetak. Untuk mengetahui label keluar dari area cetak, click Preview Result dan lakukan penyesuaian misalnya dengan memperkecil ukuran gambar atau memperkecil huruf.


Contoh hasil cetakan label menggunakan HP deskjet..



Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".