Rusia Peringatkan Turki Beberapa Jam Sebelum Kudeta Militer

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 06.15.00

Rusia Peringatkan Turki Beberapa Jam Sebelum Kudeta Militer

 Dua personel polisi Turki berdiri di atas tank milik militer Turki (Foto: Murad Sezer/Reuters)
MOSKOW – Kantor berita Iran Fars News melaporkan, beberapa jam sebelum upaya kudeta yang dilakukan oleh faksi militer, intelijen Rusia telah memperingatkan Turki. Informasi tersebut diperoleh intelijen Negeri Beruang Merah satu pekan sebelum upaya kudeta.

Menurut Fars News, militer Rusia sempat menangkap indikasi pengaturan kudeta militer terhadap pemerintah dalam komunikasi milik militer Turki. Informasi tersebut kemudian diserahkan kepada Organisasi Intelijen Nasional Turki (MIT).

“Sumber diplomatik mengatakan, pergeseran dalam kebijakan luar negeri Presiden Erdogan hanya sepekan sebelum kudeta menjadi penyebab utama beberapa negara asing mendorong, memprovokasi, serta menjanjikan dukungan kepada militer untuk melakukan kudeta,” tulis Fars News, seperti diwartakan Sputnik, Kamis (21/7/2016).

Dalam tangkapan komunikasi tersebut, tersirat komunikasi radio dari helikopter yang memerintahkan personel tentara untuk menangkap atau membunuh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Marmaris. Pria berusia 62 tahun itu diketahui tengah berlibur dengan keluarganya di resor wisata pantai tersebut saat upaya kudeta berlangsung.

Erdogan pada Rabu 20 Juli 2016 mengatakan, kudeta militer Turki belum akan berakhir. Ketua Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) itu yakin ada negara asing yang mungkin terlibat dalam upaya untuk menggulingkan dirinya dari kursi presiden.

Meski belum ada keterangan dari pihak pemerintah mengenai kebenaran bocoran informasi tersebut, pernyataan resmi dari pihak militer Turki pada Selasa 19 Juli 2016 mengindikasikan adanya semacam peringatan yang diterima oleh MIT.

Sumber : Okezone

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".