Sejarah Intel: Perusahaan Semikonduktor Terbesar di Dunia

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 06.00.00
Intel Corporation adalah perusahaan semikonduktor terbesar di dunia. Perusahaan ini juga merupakan inventor mikroprosesor x86 yang digunakan dalam personal computer (PC).
Anonimitas yang ada di mana-mana dan kehadiran yang tak terlihat dalam jutaan rumah tangga melekat di chip Pentium dan jingle start up yang hanya terdiri dari lima-nada, yang ditulis oleh anggota band tak dikenal dari Austria. Jingle ini kini terdengar jutaan kali setiap harinya di seluruh dunia saat orang-orang menyalakan personal computer mereka.

Tonggak Sejarah

1968: Robert Noyce dan Gordon Moore mendirikan NM Electronics.
1969: NM Electronics menjadi Integrated Electronics (Intel).
1971: Intel mengembangkan combined logic and memory chip, mikroprosesor 4004.
1981: IBM menggunakan mikroprosesor Intel dalam PC.
1985: Compaq menggunakan chip 386 Intel dalam PC kloningnya.
1991: Meluncurkan start-up jingle Intel.
1993: Memperkenalkan chip  Pentium  yang pertama.
2006: Apple menyelesaikan peralihan beragam produknya ke prosesor Intel.
Memory chip dari bahan silikon tumbuh-berkembang dari kemampuan semikonduktor untuk mengalirkan listrik dan potensi mereka untuk menyimpan memori. Komputer-komputer seukuran ruangan dengan memori yang berinti-magnetis merupakan teknologi paling maju pada pertengahan 1960-an, namun fisikawan Robert Noyce termasuk di antara orang yang percaya bahwa miniaturisasi sirkuit elektronik ke atas microchip dengan silikon tunggal akan lebih maju lagi.
Noyce telah ikut menemukan integrated circuit (IC) dan menjadi pionir dalam teknologi chip dari bahan silikon di Fairchild Semiconduktor. Di perusahaan itu juga, pada 1965, rekannya Gordon Moore menemukan “Hukum Moore,” yang menyatakan bahwa jumlah transistor yang dapat ditempatkan pada chip komputer akan menjadi dua kali lipat setiap tahunnya. Moore terbukti benar dengan prediksinya setiap tahun selama 3 dekade berikutnya.

Jantung Pusat Revolusi

Pada 1968, dua lelaki ini meninggalkan Fairchild dan mendirikan perusahaan mereka sendiri. mereka ingin menyebutnya Moore Noyce Corporation.  Namun seseorang menunjukkan ketidaksesuaian nama itu untuk industri elektronika, di mana noise(derau) adalah sinonim dengan interferensi. Setelah setahun memakai nama NM Electronics, mereka mengadopsi nama Integrated Electronics atau Intel.
Tujuan yang ditetapkan intel adalah menciptakan dan mengeksploitasi aplikasi komersial teknologi memory chip mereka. Tujuan ini ambisius karena pada saat itu memori silikon seratus kali lebih mahal daripada inti magnetis. Selain itu, mula-mula memori silikon hanya berhasil dalam ukuran yang sederhana.
Busicom, perusahaan manufaktur Jepang, meminta perusahaan ini untuk mendesain suatu logic chips untuk kalkulator high-end mereka. Apabila memory chipsmenyimpan instruksi dna data, logic chip menampilkan perhitungan dan mengeksekusi program.
Secara tradisional,chip semacam itu selalu didesain secara berbeda untuk tiap pelanggan. Akan tetapi insinyur Intel  Ted Hoff menolak desain yang diajukan Busicom karena sulit dipakai.
Bersama rekan-rekannya,Hoff menciptakan alat yang lebih padat yang mencakup pula memorinya sendiri. Prosesor ini bukan hanya memenuhi kebutuhan Busicom, tetapi juga mempunyai kapabilitas untuk membawa kecerdasan kepada sejumlah mesin “bisu”  lainnya.
Hoff  dan rekan-rekannya, termasuk Noyce dan Moore, langsung melihat aplikasi yang tak terbatas. Busicom, sebagai klien mereka, mempunyai hak, tapi tidak melihat potensi saat itu. Apabila melihatnya pun mereka tidak mampu memperoleh hak tersebut pada saat itu. Perusahaan Jepang yang kekurangan uang tersebut menerima tawaran Intel untuk membeli kembali investasinya senilai $60.000. Keputusan ini menempatkan intel di jantung revolusi teknologi informasi.

Penemuan Mikroprosesor

Chip aatau microchip set Intel 4004 (istilah mikroprosesor muncul  belakangan) dilepaskan ke pasar pada akhir 1971. Alat seharga $200 itu membawa kekuatan yang sama dengan ENIAC, komputer pertama elektronika pertama di Amerika, 35 tahun sebelumnya.
Perbedaannya, ENIAC membutuhkan luas 300 meter persegi untuk menyimpan 18.000 tabung vakum. Sementara itu ukuran 4004 lebih kecil daripada jempol dan memuat 2.300transistor yang mampu menjalankan 60.000 operasi per detik.
Chip Intel sebagaimana diciptakan oleh Hoff dan rekannya menandai penemuan mikroprosesor. Temuan ini kelak akan menggerakkan personal computer. Solusi brilian yang untuk itu mereka memperoleh prestasi bersama, karena Texas Instrument juga membuat terobosan yang hampir bersamaan.
Selama dekade berikutnya, perusahaan tumbuh bukan melalui personal computing. Intel tumbuh pada kekuatan semikonduktor, terutama ragam random access memory(RAM) chips yang bersifat statis.
RAM chips ini semakin banyak diterpkan pada seluruh tipe produk dan jasa, mulai dari skala grosir digital hingga instrumen medis. Sejak dari lampu lalu lintas “cerdas” dan inventori di restoran makanan cepat saji hingga sistem reservasi maskapai penerbangan dan permainan pinball.

Menggerakkan PC

Pada 1981,hanya 2 dari beragam chips buatan Intel yang menggerakkan sekitar 2.500 aplikasi per  tahun. Salah satu penugasan ini diberikan oleh raksasa mesin-mesin IBM,dan dilakukan dengan kerahasiaan yang luar biasa pada pihak IBM.
Sebagaimana diingat kembali oleh seorang insinyur Intel, “Ketika kami datang untuk menyediakan dukungan teknis, mereka menempatkan orang-orang teknis kami di satu sisi tirai hitam dan mereka  di sisi yang lain, bersama produk prototipenya. Kami mengajukan pertanyaan, lalu mereka memberitahu kami tentang apa yang terjadi dan kami harus berusaha memecahkan masalah dalam gelap, secara hafiah. Bila kami beruntung, mereka mengizinkan kami menyorongkan tangan melewati tirai dan meraba-raba untuk mencari tahu apa persoalannya.”
IBM telah memilih Intel sebagai pemasok mikroprosesor eksternal yang pertama untuk sebuah produk. Produk itu berawal dari gagasan yang gagal Gordon Moore beberapa tahun sebelumnya: personal computer yang pertama.
Mesin PC/AT yang menjadi benchmark IBM setahun kemudian ditopang oleh prosesor 286 baru yang revolusioner buatan Intel, 3 kali lebih tangguh dibanding chip lain manapun pada masa itu.
Keberhasilan IBM PC dan “kloning”-nya seperti Compaq, digabungkan dengan tekanan yang semakin meningkat dari pembuat chip dari Jepang, mendorong CEO Intel Andy Groove untuk menjadikan mikroprosesor sebagai bisnis inti  perusahaan.
Pada 1985, DESKPRO 386 dari Compaq adalah  mesin pertama yang berbasis chip 386 buatan Intel, yang mampu menjalankan lebih dari 5 juta instruksi setiap detik.
Di sepanjang akhir 1980-an dan 1990-an, karena penjualan personal computermelonjak, pabrik-pabrik perusahaan ini di Santa Clara California, Hillsboro Oregon, dan Phoenix Arizona, mengembangkan dan memanufaktur prosesor 486, berbagai jenis Pentium yang lebih digdaya, dan Celeron untuk laptop, desktop, dan server.
Pada 1991, Intel merupakan pembuat prosesor nomor 1 di dunia. Pada 1994 terjadi insiden “cacat Pentium” dan penarikan kembali produk ini justru meningkatkan profil dan reputasi perusahaan.
Dalam bukunya, Only the Paranoid Survive, Andy Groove menuliskan, “Perusahaan buruk dihancurkan oleh krisis, perusahaan bagus melewatinya, perusahaan besar diperbaiki oleh krisis.”
Perusahaan ini juga memanufaktur motherboard dan sistem white box yang lengkap untuk perusahaan yang melakukan “kloning.” Pada satu titik di pertengahan 1990-an, Intel meraih pangsa pasar 15% dari seluruh personal computer.
Anonimitas yang ada di mana-mana, yang diciptakan secara instan, ini dapat diidentifikasi pada kampanye “Intel Inside” pada tahun 1990 yang berhasil secara fenomenal. Pada 1991, jingle pembuka yang terdiri dari 5 nada yang berbunyi saat PC berbasis Intel dinyalakan, ditulis oleh Walter Werzoba dari band Austria,Edelweiss, pada 1980-an.

Masa Lampau, Sekarang, dan Masa Depan

Intel  telah menikmati hubungan yang ambivalen dan terkadang kontroversial dengan Microsoft, yang operating system-nya, Windows 95, 98, 2000, dan Vista, telah berhasil mendongkrak ambang batas bagi kekuatan mikroprosesor.
Pada 2006, Apple menyelesaikan pergantian keseluruhan lini produknya ke prosesor Intel.intel mengadopsi logo dan slogan baru, “Melompat ke depan,” pada 2005. Tahun berikutnya Intel meberhentikan 10.500 orang atau 10% tenaga kerjanya, kemudian menutup laboratorium risetnya di Cambridge University.
Intel adalah perusahaan yang diperdagangkan di Nasdaq dan masuk dalam Fortune 500. Perusahaan ini memiliki 100.000 pegawai dan 200 fasilitas di seluruh dunia. Perusahaan inii telah menjadi pembuat mikroprosesor nomor satu di dunia sejak 1991.
Dua insinyur mengembangkan mikroprosesor 4004 yang pertama dalam sembilan bulan. Hari ini, ratusan orang dengan menggunakan computer-aided designmerencanakan masing-masing fase dna porsi chip baru. Pentium pertama yang diproduksi pada 1993 sudah 1.500 kali lebih cepat dibanding dengan 4004 pertama.
Andy Groove mengingat kejadian tahuh 1970-an, “Area fabrikasi terlihat seperti pabrik Willy Wonka, dengan selang karet dan kabel serta alat aneh yang mengeluarkan bunyi letupan kecil—semikonduktor ini ekivalen dengan pesawat udara Wright Brothers. Ini merupakan teknologi manufakturing paling maju saaat itu, namun menurut standar hari ini, bukan main kasarnya.” Chip  Intel menjadi fungsional pada ujung lini manufakturing.
Generasi terbaru chip Intel 64 Mb  dibuat oleh robot dan mampu menyimpan 3.555 halaman teks dengan chip seukuran koin logam. Seorang anak dengna menggunakan PC berbasis Pentium saat inii memiliki kekuatan menghitung yang lebih besar dibandingkan dengan komputer NASA untuk mengirim orang ke bulan.
Laju perubahan chip sekarang sedemikian hebatnya sehingga Gordon Moore, yang memperbarui hukumnya sendiri berkaitan dengna transistor menjadi 2 tahun dari semula satu tahun menyatakan, “Apabila industri mobil maju secepat industri semikonduktor, Rolls-Royce mampu menempuh setengah juta mil per galon, dan menjadi lebih murah untuk membuangnya daripada memarkirnya.”
Persaingan yang kian meningkat dalam gelembung pasca-dotcom pada pasar bawah, dugaan keras oleh Uni Eropa mengenai aktivitas anti-trust, dan spionase industri (melawan Intel dan bukan mengatasnamakan Intel) semua mewarnai kisah Intel.
Memory chip, dengan pembenarannya sendiri, telah dijuluki sebagai minyak mentah abad ke-21. Hingga hari ini, Intel mempromosikan secara luas dari dalam dan menghargai pekerjaan dengan dermawan, dan tak seorang pun mempunyai kantor. Moore dan Noyce harus masuk peringkat inventor-wirausahawan terbesar sepanjang masa.
sumber : http://www.satujam.com/sejarah-intel/

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".