Jangan Ngaku Hacker Kalo Gak Ngerti Istilah Ini

Publikasi Oleh: Portal Informasi IT dan Hacking - 01.30.00

Content Image

Jangan Ngaku Hacker Kalo Gak Ngerti Istilah Ini

Dunia hacking emang unik dan menarik untuk diikutin. Tapi ada banyak istilah-istilah  yang tidak kita mengerti kaya bahasa dari planet mana gitu. 
Nah kalo kalian ngaku seorang hacker tapi gak tau istilah berikut ini, kalian masih cupu sob
1. DDos
DDoS atau Distributed Denial of Service attacks adalah jenis serangan yang dilakukan oleh hacker terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan Internet. Cara kerjanya dengan menghabiskan sumber daya (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tidak dapat lagi menjalankan fungsinya dengan benar. Jadi secara tidak langsung hal ini mencegah pengguna lain untuk mengakses layanan dari komputer yang diserang.
2. Dark Web
Ada dua jenis web, yaitu web normal yang digunakan banyak orang tiap harinya karena mudah diakses dan diindeks oleh mesin pencari. Kemudian ada Dark web yakni website tersembunyi yang tidak akan muncul ketika kamu mencari di mesin pencari seperti Google, serta tidak dapat diakses tanpa software khusus.
Dark web ini bagian dari Deep Web yakni bagian dari world wide web tapi tidak termasuk ke dalam Internet yang dapat dicari dengan mudah menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Internet (Darknet), di mana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, tapi dapat digolongkan sebagai bagian kecil dari Deep Web.
Ngerti gak sob? smile
3. Phising
Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi seperti user ID, password dan data sensitif lainnya dengan menyamar sebagai orang atau organisasi yang berwenang melalui sebuah email. Munculnya istilah phishing berasal dari kata bahasa Inggris fishing (yang berarti memancing), dalam hal ini memancing target untuk memberikan informasi penting seperti informasi keuangan dan password yang dimilikinya.

4. SQL Injection
SQL adalah aksi hacking pada keamanan komputer di mana seorang penyerang bisa mendapatkan akses ke basis data di dalam sistem. SQL Injection merupakan serangan yang mirip dengan serangan XSS, penyerang memanfaatkan aplikasi vektor dan juga dengan common dalam serangan XSS.
5. Keylogger
Keylogger adalah software yang dipasang atau di-install di komputer agar mencatat semua aktivitas yang terjadi pada keyboard. Keylogger bekerja diam-diam dan sulit diketahui secara kasat mata oleh kita.
6. Hacktivis
Cara kerjanya adalah hacker menggunakan teknologi untuk mengemukakan pandangan sosial, ideologi, agama, atau pesan politik. Dalam kasus yang lebih ekstrem, Hacktivis digunakan sebagai alat cyberterrorism.

Portal Informasi IT dan Hacking
MujahidIT adalah portal IT dan informasi penting seputar teknologi dan dunia serta berita hacking.".